Mengungkap Kebutuhan Aquascape!! ~ ( Jenis Lampu Aquascape - Bagian tiga )

logo-Welcome-Belajar-dan-Berbagi

Beberapa jenis lampu yang dipakai untuk aquascape

  • Bulb/TL ( Tubular Lamp ) adalah jenis lampu yang paling banyak dipakai, untuk bulb sendiri yang sering dipakai ialah merek megaman 23 watt 10.000K dimana
    memberikan spektrum warna putih kebiruan. Rating warna matahari sendiri sekitar 6500K, jadi apapun di atas ini baik. Sedangkan rating di bawah 6000K akan memberikan warna yangsangat kuning, dan terlihat tidak begitu baik. 10.000K adalah yang paling populer dan memberikan warna putih yang ringan, tapi jika anda memberikan campuran antara T5 6700K dan 10.000K akan memberikan spektrum terbaik dan warna tidak terlalu kuning.
  • Lampu TL dengan jenis silider memang memberikan keuntungan penyebaran cahaya yang merata hingga ke sudut aquarium, tapi jika dipakai untuk konsep hight light maka lampu ini kurang cocok karena lampu ini memiliki ukuran dan panjang yang besar, dan memakan tempat di bagian atas. Umumnya yang sering dipakai ialah merek Panasonic 10.000K dengan ukuran umum yang sering dipakai ialah TL = 18 watt  ( 60 cm, 1300 lumen ), dan 36 watt ( 120 cm, 3250 lumen )
  • T5 fluorecent merupakan teknologi terbaru, lebih kecil, lebih terang dibandingkan lampu T8, lampu ini dapat menyediakan pencahayaan yang baik merata dengan kecerahan yang sama untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman yang sehat. Merek yang sering dipakai ialah BOYU, Aquazonic.
  • PL ( Power Light ) lampu jenis ini berukuran kecil dan tidak terlalu memakan tempat sehingga cocok untuk aquascape hight light serta mempunyai kelebihan tingkat lumens yang jauh lebih tinggi. Merek yang sering dipakai ialah Osram dan Philips dengan ukuran umum PL = 18 watt ( 21 cm, 1200 lumen ) PL = 24 watt ( 31 cm, 1800 lumen ) PL = 36 watt ( 41 cm, 2900 lumen ).
  • Metal Halide ( MH ) lampu ini dipakai oleh para profesional aquascaper
    karena memberikan pencahayaan yang cerah dan sangat baik, tapi lampu ini juga dapat menjadi sangat panas dan perlu digantung atau ditempatkan di atas aquarium. Untuk aquarium yang besar lampu ini dapat menjadi keharusan. Lampu ini juga cocok untuk aquarium hight light dengan kedalaman di atas 70 cm karena lampu ini mempunyai tingkat lumens yang paling tinggi dibandingkan jenis lampu lain. Ukuran umum yang dipakai  MH = 70 watt ( 5500 lumen ) dan 150 watt ( 12.000 lumen ) 
  • LED akhir-akhir ini makin banyak yang menggunakan lampu LED untuk aquascape,
    cahaya terang yang dihasilkan dapat menerangi seluruh akuarium, berbagai elemen yang terdapat didalam akuarium juga akan semakin jelas terlihat dan menarik. Keuntungan lainnya ialah lampu LED lebih hemat energi karena dapat memangkas listrik sekitar 30%-50%. Ada keuntungan juga berarti ada kerugian, lampu LED masih tergolong lebih mahal jika dibandingkan neon biasa, lampu jenis ini juga dapat membuat pertumbuhan algae menjadi lebih cepat yang mungkin dikarenakan jarak yang terlalu dekat atau tingkat panas yang melebih neon biasa. Saat ini sudah banyak jenis LED yang tersedia di pasaran, mulai dari jenis BULB, TL, strips, atau custom ( DIY ) yang memang khusus dibuat untuk aquascape.  
     

Direkomendasikan untukmu

Share this article :
Share on fb Pinterest Tweet Share on G+
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - Love All Serve All