Mengungkap Kebutuhan Aquascape!! ~ ( Apa sih Aquascape - Bagian 1 )

logo-Welcome-Belajar-dan-Berbagi
Apa sih Aquascape??

Memulai atau membuat aquascape sebenarnya tidaklah sulit, tetapi untuk belajar sesuatu yang baru, tentunya dibutuhkan keinginan/hasrat yang kuat, waktu, dedikasi, dan berbagai riset trial error.
Aquascape telah menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Berkebun di dalam air telah menjadi definisi tersendiri yang melibatkan teknik mendekorasi dan mengatur berbagai elemen - tanaman air, batu, kayu dan sebagainya yang nantinya menjadi persepsi tersendiri bagi manusia yang melihatnya.
Aquascape bukan hanya sekedar memelihara ikan dan tanaman dalam akuarium, banyak aspek ilmu yang tanpa kita sadari akan membuat tantangan untuk menggali lebih dalam lagi, contohnya mengenai suhu, kebutuhan cahaya, teknik pemangkasan, parameter air, dsb. Hal ini akan menjadi minat yang lebih dalam karena keinginan untuk membuat akuarium yang lebih indah, lebih sempurna. Tentunya ini bukan tugas yang mudah, tetapi saat kita memutuskan untuk "mencemplungkan" diri ke dalamnya, aquascape akan terasa lebih menantang, bermanfaat dan menyenangkan, dan memungkinkan untuk mengeluarkan bakat, kreatifitas dan imajinasi yang tersembunyi dalam diri kita.
Yang penulis rasakan saat telah selesai membuat aquascape dan menjadi bagian dari rumah, ialah adanya kebanggaan, lalu muncul dalam percakapan sehari-hari, pulang kerumah langsung melihat kedalam akuarium, memperhatikan berbagai kelucuan gerak-gerik ikan, keong, udang, dan indahnya tanaman, hasil karya sendiri. Ada kepuasan dan sesuatu perasaan yang menyenangkan.

Prinsip-Prinsip Dasar Aquascape

Untuk mencapai kesempurnaan proses aquascape mungkin tampak sulit untuk dicapai, tapi jika kita belajar serangkainan prinsip sederhananya dahulu, tentu tidak akan sesulit kelihatannya. Semua hasil karya aquascaper tingkat dewa pasti pernah mengalami "masa-masa setingan awal", masa kritis dimana dibutuhkan dedikasi lebih tinggi, karena masa ini yang menentukan kita menyerah atau merasa tertantang untuk berkreasi lebih jauh lagi. Ambil contoh "Superwen", beliau merupakan aquascaper asal Indonesia, orangnya masih muda, tapi tingkat kreatifitasnya tinggi, kenapa saya bilang begitu karena dari berbagai tulisannya yang saya baca di forum, kelihatannya "Superwen" ini senang baca, senang mencoba, tidak perduli sesulit apapun, tetap jauh lebih lapar rasa hausnya ( ralat : penasarannya ) daripada bingung dan menjadi menyerah. Saya pernah melihat hasil awal karyanya di forum aquascape, sama kok seperti kita-kita yang baru belajar, masih banyak kekurangannya, tapi tak disangka sekarang karyanya telah mencapai level dunia dan menjadi peringkat 1 di AGA Aquascaping Contest 2014.
Aquascape berarti imajinasi dan pembelajaran yang tiada henti, dalam mencapainya diperlukan keseimbangan yang sempurna antara penggunaan prinsip-prinsip ilmiah yang efesien dan kreatifitas. Berikut adalah beberapa kriteria, yang perlu kita ketahui sebelum berfikir untuk memulai/membuat aquascape :

Kesederhanaan

Biasanya saat memulai aquascape kita sering tergoda memasukkan segala macam elemen kayu, batu, tanaman yang berwarna-warni ke dalam akuarium, inginnya kita agar tampilannya menjadi wah!!, tapi ternyata hasil berlawanan yang kita dapatkan. Hal ini bukannya tidak boleh, tentu ini menjadi hak kreatifitas aquascaper, tapi alangkah lebih bijak jika kita mulai secara bertahap, mengerti dan memahami dahulu bagaimana mengatur layout yang baik, mengerti dan memahami kebutuhan flora dan fauna, karena bagaimanapun juga mereka adalah makhluk hidup, tentunya kita tidak ingin mereka mati kan :).

Beragam Jenis

Setelah anda mulai merasa lebih percaya diri, barulah masuk ke tahap selanjutnya. Kesederhanaan bukan berarti hanya menggunakan salah satu jenis tanaman. Ingat!! Imajinasi memegang peranan penting dalam ber-aquascape, apalagi jika kita sedang ingin membuat design berupa tema, tentunya anda tidak inginkan melihat aquascape anda terlihat membosankan.

Proporsional

Sangat penting memberikan rasa keseimbangan harmoni dalam akuarium anda. Cobalah untuk memberikan rasa luas, lapang atau banyak ruang terbuka di akuarium anda. jika akuarium anda kecil ( nano tank ) hindari banyak menggunakan tanaman dengan daun-daun yang berukuran lebar dan besar. Susun layout batu sedemikian rupa, jangan taruh batu besar di bagian depan yang menutupi elemen lain dibelakangnya, ciptakan kesan kedalaman pada aquascape anda.

Ketekunan

Namanya juga hobi, tentu tak selamanya berjalan mulus seperti kulit artis-artis ibukota. Bersiap-siaplah untuk merasakan frustasi!! saya bukan menakut-menakuti loh. Saat awal kita mendekorasi sesuatu pastinya ada trial dan error, setelah habiskan waktu beberapa jam ternyata ada sesuatu yang tidak enak dipandang, akhirnya kita rescape, kebayangkan kalo sedang ikut kontes live membuat aquascape hanya disediakan beberapa jam saja, begitu "teng" kelar tidak kelar selesai, kebayangkan frustasi dan keringatnya seperti apa, hehehe. Tetapi semakin anda sering bereksperimen, tentunya hasilnya semakin baik dan jauh lebih baik.

( bersambung ke bagian dua )

Direkomendasikan untukmu

Share this article :
Share on fb Pinterest Tweet Share on G+
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger - Love All Serve All