Mengungkap Kebutuhan Aquascape!! ~ ( Aquarium, Lampu - Bagian dua )

logo-Welcome-Belajar-dan-Berbagi
Kebutuhan Dasar Aquascape??

Kebutuhan atau keperluan dasar aquascape adalah hal utama jika anda ingin memulai hobi ini, apa saja keperluannya, ikuti ulasan singkat dibawah ini :

Aquarium

Hal ini bisa disesuaikan dengan selera atau kemampuan dana yang dimiliki, tetapi untuk yang baru di hobi ini (pemula ) disarankan memakai akuarium berukuran P=60 L=30 T=30 cm. Seringkali Aquascaper yang masih pemula membeli akuarium dengan ukuran yang lebih kecil, mungkin karena meminimalkan / kekurangan dana atau hanya sekedar coba-coba saja. Tetapi ini adalah keputusan yang salah, setelah anda tidak menyukainya atau gagal, barulah anda membeli aquarium yang lebih besar, yang tentunya ini hanya buang-buang uang saja. Jadi jika anda ingin "mencemplungkan diri" di hobi, maka ada aturan dasar yang harus diikuti.

Besar tetap lebih baik, mengapa?? aquarium dengan
volume air yang besar lebih mudah untuk menjaga kestabilan parameter airnya. Perubahan pH, amonia, dan nitrit ( dan pastinya akan berubah ) akan memiliki dampak air yang lebih drastis pada akuarium dengan volume air yang lebih kecil. Oleh sebab itu jika anggaran memang minim, tunggu sebentar dan tabunglah dulu uang anda, karena akuarium dengan volume air yang lebih besar akan lebih ideal dan bijaksana untuk anda yang baru di hobi ini. Dengan aquarium yang lebih besar anda dapat menambahkan lebih banyak ikan dan tanaman. Volume air yang lebih banyak juga membantu mencegah penyakit ikan yang disebabkan bahan kimia dan bahan lain yang dapat mencemari akuarium.

Setelah anda menentukan ukuran akuarium yang anda pilih, pastikan bahwa anda telah mempersiapkan meja, cabinet, atau tempat yang kokoh dan datar sebagai alas tempat akuarium itu berada. Gunakan styrofoam untuk dasar antara akuarium dan meja. Jaga jarak dengan pintu atau hal-hal yang sekiranya dapat menabrak dan membahayakan akuarium. Kedekatan dengan jendela atau hal lain yang dapat mensuplai langsung cahaya matahari juga perlu diperhatikan, karena kelebihan cahaya ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan algae di akuarium.

Lampu/Pencahayaan

Salah satu konsep yang terpenting dalam mengusai seni aquascape ialah memilih pencahayaan yang tepat dan benar. Lampu atau pencahayaan dianggap menjadi "jantungnya" aquascape. Peralatan ini merupakan salah satu bagian yang mempunyai pengaruh penting pada kesehatan dan pertumbuhan tanaman anda. Selain kebutuhan cahaya ada juga aspek penting lainnya dari pencahayaan yaitu periode pencahayaan dan jarak dari permukaan air. Kebutuhan lampu disesuaikan dengan volume aquarium, jenis tanaman, dan jenis setup yang akan kita buat. Ada 3 kategori yang umum dipakai untuk menentukan kebutuhan pencahayaan :
  •  Low light           =  0,6 watt/liter
  •  Medium Light  =  0,8 watt/liter
  •  Hight Light        =  1 watt/liter
Bagaimana cara menghitungnya ??
Sebelumnya kita harus menghitung volume akurium terlebih dahulu, rumusnya :

Panjang x Lebar x Tinggi
1000

Contoh :
Saya mempunya aquarium dengan ukuran P = 60 cm L = 40 cm T = 30 cm
hitung :
60 x 40 x 30
1000
Volume air yang ada di akuarium saya ialah = 72 liter

Lalu untuk menghitung kebutuhan cahaya di dalam akuarium ialah mengalikan hasil volume air tadi dengan dengan kategori kebutuhan pencahayaan dalam aquarium :

  • Tanaman Low Light         : 0,6 watt x 72 liter = 43 watt
  • Tanaman Medium Light : 0,8 watt x 72 liter = 58 watt
  • Tanaman Hight Light       : 1 watt x 72 liter = 72 watt
Catatan :
  • Bila akuarium anda mempunya kedalaman lebih dari 70 cm, maka disarankan menggunakan MH.
  • Jika ukuran akurium anda kurang dari 60 cm, maka aturan 1 watt ini tidak berlaku, karena semakin kecil ukuran akuarium maka kebutuhan watt cahaya juga semakin intensif.
  • Bila ingin mengkombinasikan antara tanaman low light dan hight light, maka sebisa mungkin tanaman low light tidak mendapatkan cahaya langsung tapi tertutupi oleh kayu atau daun tanaman lain ( remang-remang )
  • Untuk rumah lampu DIY disarankan memiki reflector yang baik, karena reflector yang baik berpengaruh terhadap penyebaran cahaya.
  • Untuk pemula alangkah baiknya memulai dengan jenis tanaman yang kuat dulu seperti Anubias, Cryptocoryne, Echinodorus, Microsorum, dan berbagai jenis Moss. 
Kisaran cahaya rendah memadai untuk  pertumbuhan tanaman dengan toleransi cahaya rendah seperti  Anubias, Cryptocoryne, Echinodorus, Microsorum, dan berbagai jenis Moss. Kebanyakan untuk tanaman karpet atau tanaman latar/bagian depan tidak akan bertahan lama dalam kondisi cahaya ini.

Pada kisaran cahaya menengah kebanyakan tanaman aquascape dapat tumbuh dengan baik, bahkan tanaman karpet pun juga dapat tumbuh dengan efektif walau belum optimal. Tanaman berwarna merah juga dapat hidup, tapi pertumbuhannya tidak akan optimal.

Terakhir ialah pada kisaran cahaya tinggi, jika anda bisa memiliki peralatan hight light, maka anda akan mampu untuk munumbuhkan dengan sehat dan subur berbagai tanaman. Tanaman merah akan berkembang, tanaman karpet pun juga akan tumbuh dengan rendah, subur, padat dan kompak. Tapi bila dikombinasikan dengan tanaman low light, maka cahaya yang diterima harus tidak langsung, tapi tertutupi kayu, batang, dan daun tanaman lainnya. Cahaya yang berlebihan pada tanaman low light dapat menyebabkan tanaman tersebut tertutupi algae, meleleh, bahkan mati akibat terganggunya proses pertumbuhan tanaman tersebut.

( bersambung ke bagian tiga )



    Direkomendasikan untukmu

    Share this article :
    Share on fb Pinterest Tweet Share on G+
     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger - Love All Serve All